5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Layar Monitor Cepat Rusak, Hindari!
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Layar Monitor Cepat Rusak, Hindari!

5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Layar Monitor Cepat Rusak, Hindari!

DB KLIK - Inilah kebiasaan buruk bikin layar monitor cepat rusak. Seperti diketahui membersihkan layar monitor adalah hal sepele. Hanya menggunakan tangan atau kain saja sepertinya monitor kamu sudah terlihat bersih.


Namun ternyata tidak semudah itu, kebiasaanmu membersihkan layar monitor secara asal bisa berdampak buruk pada perangkatmu tersebut.


Bahkan kebiasaan buruk yang berakibat fatal itu sering kamu lakukan secara tidak sadar. Agar kamu bisa menghindari hal tersebut simak apa saja yang bisa bikin monitor cepat rusak.


1. Menyemprot pembersih atau air secara langsung



Air menjadi salah satu solusi di saat ada sesuatu yang kotor. Mengguyurkan air atau menggosok benda yang kotor dengan air akan dapat hilang dengan mudah. Tetapi, hal ini sama sekali tidak berlaku pada layar monitor.


Air atau cairan pembersih tidak dapat disemprotkan secara langsung pada layar monitor. Ingatlah bahwa layar monitor merupakan benda elektronik yang sangat rentan terkena cairan. Bahkan bila kamu menggunakan cairan pembersih khusus pun tidak disarankan untuk menyemprotnya secara langsung.


2. Menggunakan tisu untuk membersihkan 


Praktis dan sangat mudah ditemui adalah membersihkan layar monitor menggunakan tisu. Kamu tidak perlu repot untuk mencuci tisu atau membersihkan tanganmu dari debu. Tapi, apakah tisu adalah benda yang efektif untuk membersihkan layar monitor?


Baca juga : 4 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik Mulai dari 1 Jutaan, Tawarkan Peforma Unggulan


Ternyata tisu berbahaya untuk monitor, lho. Berbahan dasar kayu, membuat tisu memiliki serat yang dapat membuat goresan-goresan halus pada layar monitor. Walaupun tisu yang kamu gunakan diklaim sebagai tisu paling lembut sekalipun, bukan berarti menjadi pengecualian, ya.


Kain paling baik yang bisa kamu gunakan ialah kain microfiber. Bila kamu tidak memilikinya, kamu bisa menggunakan kain untuk mengelap kacamata. Caranya dengan melipatnya jadi kecil berbentuk kotak dan usap monitormu yang berdebu itu.


3. Membersihkan dalam keadaan monitor menyala              


Saat terbaik untuk membersihkan layar monitor ataupun laptop adalah ketika komputer dan laptop dalam keadaan mati. Walaupun sudah dalam posisi off, jangan langsung dibersihkan. Tunggu beberapa saat sampai komputermu mulai dingin.


Membersihkan layar ketika dalam keadaan menyala dapat mengakibatkan electrical shock dan membahayakan dirimu sendiri. Selain itu, layar mati yang berwarna hitam dapat lebih mudah untuk mengetahui letak debu yang ada.


4. Membersihkan dengan cara memutar



Mungkin kamu tidak sadar selama ini selalu mengelap layar dengan gerakan berputar. Ini adalah langkah yang keliru. Gerakan memutarmu ini dapat meninggalkan goresan pada layar dan akan membekas.


Cara mengelap yang paling disarankan adalah dengan melipat kain microfiber menjadi lebih kecil dan membentuk persegi. Setelah itu usap dulu bagian layar paling atas. Tarik gerakan dari kiri ke kanan, satu arah dan tidak boleh bolak-balik. Lakukan sampai bagian bawah.


Hindari untuk mengusapnya dengan kasar dan gerakan mengusap berulang-ulang. Supaya tidak meninggalkan goresan, lakukan dengan perlahan dan tanpa tekanan.


5. Cairan masuk ke dalam sela-sela monitor 


Terlalu banyak menyemprotkan cairan pembersih pada kain microfiber akan mengakibatkan air mengalir ke bawah dan dapat masuk ke sela-sela layar monitor. Semprotkan secukupnya tidak terlalu kering dan tidak terlalu basah. Pastikan kain cukup basah untuk bisa digunakan membersihkan layar monitor.


Air atau cairan yang masuk ke sela-sela monitor dapat berakibat fatal untuk jangka panjang. Mengingat alat elektronik adalah musuh dari air, maka sebisa mungkin hindari ada cairan yang masuk. Hal ini dapat mengganggu aliran listrik did alam, paling buruk monitormu bisa kehilangan fungsi karenanya.


Baca juga : 3 Rekomendasi Monitor Curved Gaming Terbaik! Ada Xiaomi Mi 34 Juga Loh


Itulah tadi, kebiasaan buruk yang bisa merusak monitor. Selain itu, pastikan kamu menggunakan monitor dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah monitor dari DB Klik. Dengan menggunakan bahan berkualitas terbaik dan fitur unggulan, membuat pemakaian lebih nyaman. Kalian dapat membeli monitor ini langsung melalui website DB Klik  atau kalian bisa langsung membelinya melalui tautan ini.



Rekomendasi monitor yang bisa menjadi referensi kamu adalah Asus VA24EHF yang saat ini tersedia di DB Klik. Kehadiran monitor ini tentu menjadi pilihan menarik buat kamu karena Asus VA24EHF merupakan monitorhadir dengan ukuran 24-inch yang cocok digunakan untuk para gamer profesional maupun pengguna umum berkat dengan kemampuan layarnya yang menawan serta spesifikasinya yang lengkap. Tidak hanya itu Asus VA24EHF juga menawarkan harga yang ramah di kantong.


KESIMPULAN


Membersihkan layar monitor memang hal yang sepele. Namun, lebih baik kamu bersihkan layar monitormu secara berkala, mungkin bisa seminggu sekali. Jangan sampai menunggu debu menumpuk baru kamu bersihkan. Kebiasaan buruk saat membersihkan layar monitor dapat berakibat fatal hingga bisa mengganggu jalannya kerjamu, apalagi bila kamu seorang desainer. 


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.