Ada Kemungkinan Harga SSD Tahun 2024 Naik! Kenapa? Berikut Penjelasannya
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Ada Kemungkinan Harga SSD Tahun 2024 Naik! Kenapa? Berikut Penjelasannya

Ada Kemungkinan Harga SSD Tahun 2024 Naik! Kenapa? Berikut Penjelasannya

DB Klik - Ada kemungkinan bahwa harga SSD tahun 2024 naik. Mengingat SSD adalah produksi dari bisnis teknologi, pasti ada alasannya. Mengapa kemungkinan ini ada? Simak artikel ini kalau penasaran.

Berita buruk bagi kalian yang ingin membeli SSD di tahun 2024. Kemungkinan Harga SSD tahun 2024 naik adalah besar. Bahkan, kenaikan yang terjadi bisa konstan. Ini adalah imbas dari keputusan produsen chip memori NAND yang akan menaikkan harganya. Seperti yang kita tahu, konfigurasi SSD, terutama SSD yang terkini, menggunakan chip memori NAND sebagai komponen utama. Oleh karena itu, wajar saja bila harga SSD naik karena harga komponen utamanya yang naik. 

Baca Juga: Cepat dan Mudah! Ini Cara Upgrade SSD ke Laptop Sendiri!

Kenaikan harga dilakukan produsen chip NAND karena mereka belum sampai titik impas. Diperkirakan bahwa kenaikan harga akan mencapai 50%. Namun, ini kurang sesuai dengan laporan pantauan harga chip memori NAND TLC oleh DRAMeXchange. Dilaporkan bahwa, pada pertengahan tahun 2023 lalu, chip NAND TLC mencapai harga terendahnya. Dipantau kembali pada awal tahun ini, harga NAND TLC varian 512 GB sudah naik 120% diikuti oleh varian 256 GB naik 60% dan varian 128 GB naik 22%. Seperti yang diketahui, pemegang pangsa pasar tertinggi chip NAND saat ini adalah Samsung dengan 31% diikuti oleh SK Group sebesar 20% dan Western Digital (WD) sebesar 17%. 

Namun, pendekatan lain dilakukan oleh produsen chip NAND Samsung. Bukannya menaikkan harga, Samsung justru memutuskan untuk memotong output produksi chip NAND sebesar 50%. Ini dilakukan untuk menjaga kestabilan harga chip NAND Samsung sekaligus menghabiskan stok sementara. Bisa dibilang bahwa Samsung mengorbankan kuantitas untuk mempertahankan harganya. Namun, pendekatan ini sekiranya akan membuat chip NAND buatan Samsung menjadi langka. Merespon hal ini, Produsen SSD yang memakai chip NAND Samsung akan lebih besar kemungkinannya untuk menaikkan harga. Terlepas dari ini semua, harga SSD dari beberapa produsen sudah meningkat di kisaran 35% sejak akhir tahun lalu.

Sekian penjelasan kami mengenai kemungkinan harga SSD tahun 2024 naik. Harga SSD internal di DB Klik terpantau masih terjangkau dan belum terimbas kenaikan harga SSD. dengan penawaran harga Rp 785.000,- untuk SSD Internal MSI SPATIUM M450 kapasitas 500GB dengan NVMe PCIe 4.0 generasi 4. Bila mencari kapasitas lebih, ada SSD Internal LEXAR NM610 PRO berkapasitas 1TB dengan harga Rp 985.000,-. Untuk antarmuka Sata III, DB Klik menawarkan harga Rp 550.000,- untuk SSD Lexar NS100 berkapasitas 512GB SATA. Kamu bisa melihat penawaran lainnya lebih lengkap di website DB Klik. 

Baca Juga: Review MSI Spatium M450: SSD NVMe Gen 4 Murah yang Unik di Kelasnya


   

KESIMPULAN

Berita buruk bagi kalian yang ingin membeli SSD di tahun 2024. Kemungkinan Harga SSD tahun 2024 naik adalah besar. Bahkan, kenaikan yang terjadi bisa konstan. Ini adalah imbas dari keputusan produsen chip memori NAND yang akan menaikkan harganya. Kenaikan harga dilakukan produsen chip NAND karena mereka belum sampai titik impas. Bukannya menaikkan harga, Samsung justru memutuskan untuk memotong output produksi chip NAND sebesar 50%. Ini dilakukan untuk menjaga kestabilan harga chip NAND Samsung sekaligus menghabiskan stok sementara. Harga SSD internal di DB Klik terpantau masih terjangkau dan belum terimbas kenaikan harga SSD. Kamu bisa melihat penawaran lebih lengkap di website DB Klik. 

DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.