Pengertian Ukuran Keyboard Mechanical Agar Tidak Salah Beli: Full Size, TKL, 75%, 65%
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Pengertian Ukuran Keyboard Mechanical Agar Tidak Salah Beli: Full Size, TKL, 75%, 65%

Pengertian Ukuran Keyboard Mechanical Agar Tidak Salah Beli: Full Size, TKL, 75%, 65%

DB Klik - Ukuran Keyboard Mechanical  memiliki jenis yang beragam. Bagi yang mengikuti trend peripheral keyboard memahami ukuran keyboard adalah hal yang penting agar bisa memilih keyboard yang tepat.

Mechanical Keyboard merupakan tipe keyboard yang awalnya hanya ramai digunakan oleh gamer, kemudian trend hobi keyboard mechanical menjadi naik ketika pandemi. Semua orang di rumah saja dan berusaha untuk mendapatkan kesenangan yang baru, salah satunya adalah hobi merakit maupun mengoleksi keyboard mechanical.

Ada berbagai jenis keyboard mechanical yang tersedia ukurannya (Layout-nya) hal ini yang membuat keyboard mechanical digemari oleh banyak orang. Tidak hanya kemudahannya untuk diganti-ganti sendiri sesuai preferensi masing-masing, tapi juga karena komunitasnya pun makin hari makin kreatif.

Tetapi untuk orang-orang yang masih baru dalam dunia keyboard mechanical akan merasa bingung mulai dari mana. Kalau saran kami tentu saja mulai dari memilih Layout atau ukurannya terlebih dahulu.

Dalam artikel ini, kami akan membahas berbagai ukuran keyboard mechanical yang tersedia, serta faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan saat memilih ukurannya.

Layout Keyboard Mechanical

Ada berbagai macam ukuran pada keyboard ini, mulai dari ukuran yang penuh hingga yang sangat spesifik. Berikut ini adalah beberapa ukuran keyboard mechanical yang paling umum:

Full Size (100%)

Ukuran dan layout ini merupakan standar dan paling umum dari semua keyboard. Secara layout, keyboard full size umumnya memiliki 104 tombol, akan tetapi ada juga yang memiliki 108 tombol.

Keyboard mechanical seperti biasanya digunakan untuk orang-orang yang punya ruang meja yang luas maupun mereka yang membutuhkan numpad pada keyboard untuk kebutuhan mereka sehari-hari. Satu kelebihan numpad adalah tersedia banyak shortcut yang bisa diakses memakai tombol alt atau fn

Contoh keyboard dengan ukuran full size misalnya adalah Keyboard Gaming Mechanical AULA L2098 atau Armaggeddon SMK-12R Kestrel

TKL (Tenkeyless) / 80%

Sesuai dengan namanya, tenkeyless yang berarti berkurang 10 tombol atau tidak ada numpad. Anehnya, tombol yang berkurang bukan 10 tombol namun 17 tombol. Istilah yang lebih akuratnya adalh 80% yang mengindikasikan keyboard ini hanya memiliki 80% tombol dari keyboard full-size.

Keyboard ini biasanya digunakan untuk orang-orang yang merasa bahwa mereka tidak membutuhkan numpad pada keyboard, sehingga ingin menikmati keyboard secara penuh sesuai dengan tombol yang mereka butuhkan.

Contoh keyboard dengan ukuran TKL atau 80% adalah  keyboard gaming dari Rexus seri Legionare MX9 TKL RGB Blue atau Logitech G515 Wireless Low Profile 

75%

Layout ini memiliki jumlah tombol yang hampir sama dengan 80% namun dengan ukuran yang lebih ringkas daripada TKL. Dapat dilihat dengan bagaimana tidak ada jarak antara tombol F-key dengan QWERTY maupun tombol function lainnya.

Keyboard 75% merupakan ukuran terkecil yang tersedia jika kalian masih ingin memiliki tombol F1-F12 tetapi tidak ingin memiliki keyboard yang memakan ruang meja kalian. 

Sebagian orang akan merasa kesulitan untuk beradaptasi dari TKL ke 75%, namun pada akhirnya pasti akan terasa bahwa memiliki keyboard yang compact dan sesuai dengan ukuran yang kita nikmati, akan lebih enjoyable.

65%

Secara sederhana, keyboard 65% merupakan keyboard yang tidak memiliki tombol F1-F12. Bentuknya sangat compact jika dibandingkan dengan TKL, tombol-tombol yang berdekatan, tanpa F1-F12 tetapi masih memiliki function key seperti tombol panah, DEL, PGUP dan PGDOWN.

60%

Berbeda dengan 65%, 60% merupakan ukuran keyboard yang benar-benar berfokus pada pengguna yang tidak membutuhkan semua function key pada keyboard umumnya.

Keyboard 60% sangat umum pada kalangan gamer, terutama pada gamer FPS. Karena mereka tidak membutuhkan function key seperti arah panah, F1-F12 dan tombol lainnya selain tombol utama pada keyboard.

Contoh keyboard pada gambar tersebut dapat kalian lihat adalah Armaggeddon MKA-1C 

40%

Layout ini merupakan layout yang paling kecil untuk kalian coba dan ketik. Mulai dari tombol F1-F12, tombol angka hingga function key lainnya telah dikeluarkan pada layout ini. Bahkan tombol spasi yang biasanya menjadi tombol yang paling panjang dari yang lain, menjadi hampir seukuran dengan tombol enter.

Namun, keyboard dengan layout seperti ini sudah sulit untuk ditemukan di pasaran. Kecuali kalian sendiri yang merakitnya dengan bahan-bahan yang pada akhirnya juga harus membeli dari luar negeri maupun membuatnya sendiri.

Tentu saja itu semua merupakan ukuran keyboard mechanical yang cukup umum dan masih banyak lagi ukuran dan bentuk keyboard unik lainnya. Mulai dari ada tombol-tombol gaming pada keyboard seperti Razer BlackWidow V3 Pro Wireless dan juga terdapat Knob maupun LCD pada keyboard-nya.

Jadi, ketika ingin membeli keyboard jangan lupa untuk melihat kembali kebutuhan dan preferensi kalian. Apakah ukuran meja kalian cukup dengan ukuran keyboard tersebut? Apakah kalian membutuhkan tombol-tombol seperti F1-F12? Agar kalian tidak mengeluarkan biaya yang berlebihan untuk kebutuhan keyboard kalian.

Kalian juga bisa mencoba terlebih dahulu keyboard-nya dengan datang ke Store DB Klik maupun pinjam teman kalian yang sudah memiliki keyboard dengan ukuran yang kalian incar.

Dan tentu saja jika kalian sudah oke dengan keyboard tersebut maka jangan lupa untuk belanjanya di DB Klik! Ada berbagai macam pilihan keyboard dengan berbagai macam ukuran!


DB Klik - Toko Komputer Surabaya yang terpercaya di Indonesia. Menjual berbagai macam kebutuhan elektronik yang lengkap seperti laptop, gadget, gaming, lifestyle, dan aksesoris. Belanja kebutuhan elektronik yang lengkap dan hemat langsung melalui Website DB Klik, Dijamin Berkualitas.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti Media Sosial DBklik untuk mendapatkan berita terbaru dari kami. diskon ,promo dan event menarik lainnya.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DBKlik dan dapatkan kemungkinan kupon diskon.