Kebiasaan yang membuat Laptop Kamu Rusak
Loading...
Warehouse :

Butuh Bantuan ? +628999373777

Kebiasaan-kebiasaan ini Ternyata Membuat 5 Komponen Laptopmu Cepat Rusak

Kebiasaan-kebiasaan ini Ternyata Membuat 5 Komponen Laptopmu Cepat Rusak

Sangat wajar bila komponen laptop mengalami kerusakan apabila sudah berusia, karena telah digunakan dalam jangka waktu lama.

Namun, perangkat yang terlihat kuat dan kokoh ini ternyata dapat mudah rusak apabila kita membiarkan kebiasaan-kebiasaan buruk kita dalam menggunaknnya.


Berikut adalah 5 komponen laptop dan kebiasaan apa yang membuatnya cepat rusak.

1. Keyboard

Sebagai komponen yang paling sering dipakai, sudah jelas kalau keyboard tidak luput dari kerusakan. Masalah utamanya adalah salah satu atau beberapa tombol tidak berfungsi. 

Selain faktor internal seperti virus atau masalah pada driver yang di luar kendali kita, terdapat faktor eksternal 

yang berasal dari pengguna seperti tekanan berat dan kondisi panas. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Hilangkan kebiasaan menekan tombol keyboard terlalu keras dan jangan menutup laptop saat masih keadaan panas.

2. Speaker

Bagi yang sering mendengarkan lagu atau menonton video di laptop, pasti tidak asing lagi dengan kerusakan dari komponen yang satu ini. Masalah paling umum adalah speaker yang sember atau terdengar "kresek-kresek". Selain karena umur laptop yang tua, ternyata hal ini bisa disebabkan oleh kebiasaan kita menggunakn volume terlalu kencang. Oleh karena itu, cara terbaik untuk mencegah pecahnya speaker adalah dengan tidak menggunakan volume maksimal atau volume yang terlalu kencang. 


3. Kipas Pendingin

Kipas pendingin / fan cooler yang berfungsi untuk menjaga suhu laptop agar tidak overheat, ternyata meriupakan salah satu komponen yang juga mudah rusak. Tanda kerusakan pada kipas pendingin adalah laptop yang mudah panas. Banyak faktor penyebab kerusakan, namun yang paling umum adalah kipas pendingin yang kotor, sehingga tidak berfungsi dengan baik dan proses pembuangan panas tidak maksimal. Cara mencegahnya cukup mudah, yaitu hilangkan kemalasan untuk membersihkan laptop dan mulai untuk rajin membersihkannya agar bersih dari debu dan kotoran.


4. Baterai

Sangat wajar jika baterai laptop rusak saat laptop sudah berusia, karena pemakaian dalam jangka waktu lama. 

Namun, kebiasaan menggunakan laptop sambil mengisi daya ternyata dapat membuat baterai cepat rusak atau bocor. Hal ini menyebabkan baterai harus melepaskan daya sekaligus mengisi daya pada saat yang bersamaan. Untuk mencegahnya, cukup dengan membiarkan baterai laptop terisi penuh sebelum menggunakannya kembali.


5. Engsel Laptop

Walau terlihat kuat dari luar, ternyata komponen ini juga mudah rusak. Tanpa kita sadari, kebiasaan yang kita lakukan justru yang menyebabkan kerusakan tersebut, seperti kebiasaan menitup laptop dengan keras dan kebiasaan menaruh barang berat di atas laptop. Cara mencegahnya sangat sederhana, yaitu dengan membiasakan laptop dengan hati-hati dan tidak menaruh barang berat di atasnya.


Itulah kebiasaan-kebiasaan yang membuat komponen laptopmu cepat rusak. Semoga kedepannya kita dapat menerapkan kebiasaan yang baik sehingga laptop kita umur panjang dan terhindar dari kerusakan.

Social Share
Loading...
Follow Us

Ikuti media sosial DB Klik untuk mendapatkan berita terbaru, diskon, promo, dan event menarik lainnya dari kami.

Subscription

Join sebagai subscriber email di DB Klik untuk mendapatkan info kupon diskon.