Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen di OS Windows

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen di OS Windows

Penyebab dan Cara Mengatasi Bluescreen di OS Windows

Bagikan

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp

Saat kalian melihat layar PC atau laptop berwarna biru tulisan “Your PC ran into a problem and needs to restart”, Pastinya jika kalian belum tahu cara atasinya akan membuat panik.

Namun tenang saja, bluescreen pada laptop masih bisa diatasi lewat beberapa cara yang bisa dilakukan.

Bluescreen sendiri merupakan bentuk permasalahan yang sering muncul bagi setiap pengguna windows. Permasalahan seperti ini bisa menyerang PC ataupun Laptop.

Penyebabnya pun juga bervariasi dan biasanya karena adanya kebiasaan yang kurang baik dalam menggunakan PC atau laptop.

Permasalahan yang juga dikenal sebagai BSOD atau Blue Screen Of Death ini biasanya akan menimbulkan efek berupa layar Windows yang hanya akan berwarna biru saja. Apakah kalian pernah mengalami permasalahan tersebut.

Penyebab Bluescreen di Windows 10

Blue screen bisa saja muncul tiba-tiba saat startup, di tengah proses update windows, atau saat sedang melakukan aktivitas.

Tentunya hal ini akan sangat mengganggu kalian saat melakukan aktivitas harian menggunakan komputer. Blue Screen merupakan permasalahan yang ditampilkan windows saat mengalami kesalahan sistem tertentu.

BSOD dapat dialami oleh berbagai macam jenis windows, seperti Windows NT, 2000, vista, XP, Windows 7, Windows 8, hingga Windows 10.

Normalnya, laptop atau PC yang sedang mengalami blue screen akan melakukan auto restart nantinya laptop atau PC anda akan kembali seperti sedia kala.

Alasan yang menjadi penyebab utama terjadinya BSOD beragam. Tetapi biasanya penyebab utama dari permasalahan ini yaitu karena adanya gangguan pada software dan hardware. Penyebab tersebut bisa terjadi karena adanya sistem crash yang terlalu parah.

Terkadang bluescreen juga bisa tiba-tiba muncul karena adanya masalah low-level software yang beroperasi di windows. Error error ini biasanya ditandai dengan pesan code masing-masing.

Berikut maksud penjelasan dari setiap code yang biasa muncul

  • CRITICAL_PROCESS_DIED: yaitu ada proses yang error di dalam windows, misalnya karena karena file penting di Windows ada yang corrupt atau rusak.
  • SYSTEM_THREAD_EXCEPTION_NOT_HANDLED: yaitu error yang tidak bisa ditangani terjadi pada bagian driver Windows.
  • IRQL_NOT_LESS_OR_EQUAL: yaitu ada masalah pada driver, memori, atau antivirus pada PC atau laptop
  • VIDEO_TDR_TIMEOUT_DETECTED: yaitu ada masalah pada driver, memori, atau antivirus pada PC atau laptop Anda.
  • PAGE_FAULT_IN_NONPAGED_AREA: yaitu ada kesalahan dalam kode di driver maupun Antivirus pada laptop.
  • SYSTEM_SERVICE_EXCEPTION: yaitu windows gagal mengeksekusi kode yang ada di bagian driver.
  • DPC_WATCHDOG_VIOLATION: Yaitu ada masalah muncul ketika menggunakan Hyper-V dan terjadi kesalahan dalam Hyper-V tersebut

Lalu bagaimana cara mengatasinya ?

Cara Mengatasi Blue Screen di Windows 10

Saat terjadi bluescreen tiba-tiba, jangan panik. Tahapan pertama umumnya windows secara otomatis akan melakukan restart laptop atau PC tiap kali bluescreen muncul. Tetapi jika setelah restart belum ada perubahan, kalian bisa lakukan cara berikut ini.

Restart PC

Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan umum untuk dilakukan dalam atasi masalah bluescreen. Apabila PC belum mengalami kerusakan parah, maka setelah booting perangkat tersebut kembali seperti sedia kala.

System Restore

Selanjutnya adalah nyalakan PC dan buka System Restore melalui Advanced Startup. Kalian dapat menemukan system restore dengan cara :

  • Klik icon kaca pembesar di sebelah kanan logo windows, ketik control panel
  • Lalu pada view by ubah ke opsi ‘small icons‘.
  • Lalu pilih ‘Open System Restore‘.
  • Kemudian tinggal ikuti setiap stepnya.

Setelah kalian sudah selesaikan langkah tadi, fitur restore point akan mengembalikan kondisi laptop atau PC pada saat sebelum terjadi masalah, namun efek restore point akan menghapus update, driver, aplikasi, dan perubahan sistem yang baru saja dilakukan sebelum restore point.

Edit System Services

Apabila bluescreen disebabkan karena error kesalahan pada windows kalian dapat edit system services windows pada bagian windows error reporting. Caranya:

  • Klik icon kaca pembesar di sebelah kanan logo windows, ketik ‘services‘.
  • Kemudian cari Windows Error Reporting
  • Klik kanan ‘windows error reporting‘, lalu pilih properties.
  • Pada jendela properties ‘Windows Error Reporting‘, ubah pilihan opsi ‘startup type‘ jadi disabled.
  • Klik Apply dan oke.

Periksa Hardware

Tips tambahan jika jika bluescreen masih belum bisa juga yaitu dengan melakukan pemeriksaan pada hardware. Bisa jadi terjadi keruksakan pada hardware laptop atau PC Kalian. Hardware yang mengalami kerusakan atau jika terdapat hardware yang tidak compatibel bisa memicu BSOD.

Akhir Kata

Nah itulah beberapa cara yang bisa kalian lakukan saat terjadi blue screen pada PC maupun Laptop. Apabila beberapa cara tadi sudah dilakukan namun masih belum menemui titik terang, Kalian dapat juga melakukan install ulang sistem operasi windows kalian, Namun pastikan kalian lakukan backup terlebih dahulu pada data kalian.

Back to top